Un
tahun 2014/2015 Bahasa indonesia
cermati
teks berikut untuk menjawab soal no 1 dan 2!
Kita
menjelma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak lagi mempunyai kepekaan
untuk melihat hal-hal diluar diri kita sendiri. Kita hanya peduli pada diri
sendiri atau golongan sendiri. Kita menjadi mahkluk yang berkelompok
berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. Contoh dapat kita
lihat perumahan elite, rumah-rumah
satu dengan yang lain dibatasi tembok tinggi dan tertutup rapat, menutup
pintu buat orang di luar diri mereka. Jadi, tanpa sadar kita punterjebak
menjadi pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan diri sendiri, memperjelas
batas kau dan aku
|
1.
mengapa
kita terjebak menjadi pribadi yang sibuk dengan diri sendiri?
A.
Selalu
menutup rapat pintu rumahnya untuk siapa saja yang dating.
B.
Sudah
terbiasa melakukan kegiatan yang bernilai kebersaman.
C.
Banyak
keinginan orang bertempat di rumah elite.
D.
Sering
kita memisakan diri dari keadaan yang ada di lingkungan.
E.
Kita
tidak lagi mempunyai kepekaan untuk melihat hal-hal diluar diri sendiri.
2.
Tujuan
penulis sesuai isi teks tersebut adalah….
A.
Melaporkan
kejadian-kejadian penting yang ditemukan dalam masyarakat
B.
Membandingkan
kepekaan orang-orang dulu dengan orang-orang yang hidip dizaman sekarang
C.
Mengingat
perlunya rumah-rumah di wilayah elite member pagar rumah
D.
Menggambarkan
lunturnya rasa kepekaan kita terhadap masalah diluar diri sendiri
E.
Menjelaskan
sulitnya berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita karena kesibukan
Bacalah
pengalan cerpen berikut dengan cermat untuk menjawab soal-soal nomor 3 dan 4!
Tardi
kembali diam. Ia benar-benar bingung
dengan permintaan istrinya yang dianggap tidak masuk akal. Aneh. Janggal.
Betapa tidak, disaat orang susah mendapatkan pekerjaan, asfina malah ingin
berhenti bekerja.
“apa
karena pendapat kamu tidak sesuai dengan yang kita harap kan?”tardi kembali
melontarkan pertanyaan, setelah cukup menunggu lama reaksi dari istrinya.
Namun, asfina tetap bergeming. Pertanyaan ini dilontarkan tardi, karna
istrinya pernah melontarkan kekecewanya dengan besar gaji yang ia terima tiap bulan. Memang gaji yang
diterima asfina tiap bulan pas-pasan.
“kalau
dihitung-hitung saya ini jadi kayak orang kerja bakti, mas.” Kata asfina.
“kalau
memang begitu, lebihbaik kamu tidaktidak usa bekerja saja, dik.”
Komentartardi setelah berkali-kali istrinya melontarkan kalimat yang
sama,ketika itu.
“ya,
bukan tidak ada hasilny, mas,” ujar asifa.”
“tadi
kamu bilang kerja bakti. Lalu kenapa….”
“lantas….?”
Saya
merasa senang jika ada murit yang berprestasi. Banga bila apa yang saya
ajarkan dapat bermanfaat bagi mereka. Jadi, bukan materi yang saya peroleh,
mas. Melainkan kepuasan batin.”
|
3.
Keterkaitan
pristiwa dalam kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah.....
A.
Suami
bingung dengan istri yang bekerja
B.
Istri
kecewa dengan besar gaji setiap bulan
C.
Suami
melarang istri bekerja
D.
Guru
senag bila murid berprestasi
E.
Suami
peduli dengan istrinya yang ingin bekerja
4.
Mengapa
tardi(suami asfina) merasa bingung dengan permintaan istrinya?
A.
Asfina
berhenti bekerja karna mendapat pekerjaan yang berat
B.
Asfina
minta berhenti bekerja padahal ekonomi dari suaminya pas-pasan
C.
Asfina
manginginkan berhenti bekerja padahal ia ingin menabung untuk keluarganya
D.
Asfina
meminta berhenti bekerja padahal orang sulit mendapat pekerjaan
E.
Istri
berhenti bekerja padahal ia berguna untuk orang lain, annak, dan suaminya
5. Cermati
pengalan gurindam berikut!
Barang siapa yang mengenal hal
tersebut, tahula ia maka takut
|
Makna
isi gurindam tersebut adalah.....
A. Orang yang meyakini
adanya Tuhan takut berbuat dosa
B. Orang yang sudah mengenal
Tuhan tidak akan takut salah melangkah
C. Orang yang takut kepada
Tuhan akan berusaha mengenal tuhan
D. Patuhi perintah Tuhan
dengan mengenal segalah oerintah-nya
E. Bila sudah mengenal
Tuhan, tentu ia tahu arti kata takut
6. Bacalah
puisi berikut dengan teliti!
Kehilangan mestika
Sepi berhembus angin menyejuk diri,
Kelana termenung
Merenung air,
Lincah bermain ditimpah sinar.
Hanya sebuah bintang
Kelip kemilau,
Tercampak di langit
Tidak baerteman
Hatiku,hatiku,
Baelumkah sejuk dibuai bayu,
Girang beriak mencontoh air.
Atau alaskan bintang biarpun sunyi,
Tetap bersinar berbinar-binar,
Petunjuk nelayan di samudera
lautan?
(Aoh
karta Hadimadja)
|
Makna
kata bintang adalah.....
A. Impian
B. Kenikmatan
C. Harapan
D. Kekuatan
E. Kekuasaan
7. Bacalah
puisi berikut dengan seksama!
MASA BARU
Kepada
Heinrich Heine
Sekali tiba masa ketika,
Dunia mewah gugur merata,
Enyah seni murni indah,
Tangan kasar aka merobek,
Segala apa nan molek,
Akan meremuk mencabik,
Semua nan halus cantik.
Dan....
Sajakku kelak membungkus
karang,
Proses puisiku pembungkus kopi,
Dewi seni akan menangis,
Namun betapa rela,
Datanglah cepat”ketika” itu,
Ketika jelata akan bertakhta,
Akan kuasa,
Dunia adil sama rasa sama rata
(Purwa
Atmadja)
|
Suasana
dalam puisi tersebut adalah..
A. Kepuasaan
B. Kekecewaan
C. Keoptimisan
D. Kepesimisan
E. Kepasrahan
Cermati kutipan cerpen berikut
untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Anita siswi SMA kelas XII
mempunya kelebihan berat badan. Suatu hari Anita ingin melakukan diet dan
berjilbab seperti wiwin siswi kela X yang sring kelihatan berdua dengan Agus,
ketua osis. Anita menyukai Agus yang ganteng, pintar, dan alim. Anita rela
tidak sarapan dan mengubah kebiasaan ngemilnya. Akibatnya Anita jatuh sakit.
Anita telah salah sangka karena Wiwin ternyata adik kandung Agus. Anita
menyadari kesalahannya. Ia berjilbab dan berdiet sampai sakit dengan niat
hanya untuk memikat perhatian Agus.
|
8. Tindakan Anita yang
dinilai positif adalah...
A.
Melakukan
diet karena ingin tampil menarik perhatian pria yang disukainya
B.
Menyadari
kekeliruan karena salah sangka terhadap wiwin
C.
Tidak
mau disaingi oleh wanita lain karena ia menyenangi temannya
D.
Menghentikan
kebiasaan sarapan pagi karena ingin diet
E.
Menyesali
diri karena telah terlanjur melakukan diet
9. Simpulan isi cerpen
tersebut adalah..
A. Seorang gadis rela
melakukan diet dan mengubah cara berpakaiannya demi menarik perhatian pemuda
yang disukanya
B. Seorang pemuda tidak akan
tertarik kepada gadis yang berpenampilan berlebihan dan terlalu agresif
mengejarnya
C. Seorang gadis menyarankan
pemuda yang disukai agar mengubah penampilan dan gaya berpakaiannya
D. Seorang pemuda pasti
tertarik kepada seorang gadis yang berusaha mengambil perhatiannya secara
sederhana
E. Seorang pemuda atau
seorang gadis akan merasa saling tertarik melalui perilaku yang sopan dan
santun
Cermati tajuk rencana berikut
untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Penggunaan jasa penerbangan tentu berharap semua
maskapai mencapai standar keselamatan excellent.
Berbeda dengan bus kota yang telah mogok di tengah jalan, bagi
transportasi udara, kerusakan mesin dan kekacauan sistem pascalepas landas adalah
dosa terbesar.
Maskapi penerbangan tidak boleh terjebak
dalam perang tarif. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak berarti kebebasan
dalam mematikan pesaing dalam menerapkan tarif serendah-rendahnya. Karena
kalau itu yang terjadi, dan setandar keselamatan dikorbankan, maskapai
penerbangan sejatinya tengah mematikan pengguna jasa dalam arti harfiah
|
10. opini
penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah……
A. maskapi
penerbangan harusmemiliki setandar keselamatan dan tidak boleh terjebak dalam perang
tariff
B. transportasi
udara yang mengalami kerusakan mesin merupakan bencana dan dosa besar
C. maskapi
penerbangan tidak boleh melakukan liberalisasi dalam pasar bebas
D. jika
setandar keselamatan dikorbankansejatinya telah menerapkan tarif
serendah-rendahnya
E. selama
ini maskapai penerbangan terus menerus menyeramkan bagi penguna jasa.
11. Keberpihakan
penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada….
A. Maskapai
penerbangan
B. Pengusaha
penerbangan
C. Pengguna
jasa penerbangan
D. Pemerintah
E. Pengelolah
penerbangan
Cermati
paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
Peran
perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju
kesejahteraan bangsa perlu perhatian khusus. Melalui peringatan Hari Ibu tahun
ini diharapkan adanya peningkatan pendidikan politik dan partisipasi perempuan
dalam pengambilan keputusan dan peningkatan peran perempuan dan laki-laki dalam
membangun ekonomi kreatif yang
berwawasan lingkungan. Di samping itu, diharapkan juga peningkatan peran
laki-laki dan keluarga dalam penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dan
anak.
12.
Ide
pokok paragraf tersebut adalah ...
A.
peningkatan
pendidikan politik bagi perempuan
B.
peningkatan
perempuan dan laki-laki
C.
partisipasi
perempuan dalam keluarga
D.
penghapusan
diskriminasi perempuan dan anak
E.
pembangunan
mental perempuan berwawasan lingkungan
13.
Makna
kreatifdalam paragraf tersebuat
adalah ...
A.
mempunyai
wawasan luas
B.
Ttdak
ada tandingan
C.
memiliki
daya cipta
D.
selalu
ingin tahu
E.
hal
yang bermanfaat
Bacalah
kutipan Sastra Melayu Klasik berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor
14 dan 15!
...
Pemburu itu merentangkan jaringnya dan membubuh umpanya berkeliling, kemudian
bersembunyilah ia di balik hutan itu. Seketika datanglah sekawan burung
tekukur, adalah dalam sekawan tekukur itu seorang rajanya. Sekalian tekukur itu
singgahlah memakan umpan itu .. sekaliannya itu pun terkenalah jaring itu.
Demi
dilihat oleh pemburu itu segala tekukur itu sudah terkena jaring, sukacitalah
ia terlalu sangat serta berlari-lari datang hendak menangkap burung itu. Pada
ketika itu berkatalah raja tekukur itu kepada segala rakyatnya, “Hai kamu
sekalian, dengarlah olehmu bicaraku. Sementara belum datang pemburu itu,
hendaklah kamu sekalian terbangkan jaring itu, supaya kita terlepas daripada
bahaya ini.”
Demi
didengar oleh segala tekukur itu akan titah rajanya, sekaliannya itu pun
terbanglah ke udara membawa jaring itu.
(Hikayat Kalilah dan
Damnah)
14. Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan
tersebut adalah ...
A.
sekawanan
burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yang terjarat.
B.
sekawanan
burung tekukur memakan umpan yang tebarkan pemburu di sekeliling jaring.
C.
dalam
sekawanan burung tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya.
D.
raja
tekukur ikut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu.
E.
seorang
mempunyai pikiran yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari kebinasaan.
15. Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut
adalah …
A.
memberi
makan burung-burung bebas
B.
raja
ikut sengsara bersama rakyatnya
C.
menolong
seksama dari kesulitan atau bahaya
D.
bersuka
cita melihat jerat mengena sasaran
E.
mengecoh
musuh dengan tipuan
Cermati
paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
(1)Menata pola makan dan
aktivitas fisik merupakan cara untuk menurunkan risiko stroke, termasuk rutin
mengonsumsi makanan kaya potasiun. (2) Buah dan sayur adalah sumber potasium
yang baik. (3) Tidak sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam
berbagai buah dan sayuran. (4) Hal itu diungkapkan para peneliti yang telat
meriset 90.000 wanita dari usia 50 hingga 79 tahun selama 11 tahun. (5) Dengan
demikian, mengonsumsi makanan kaya potasium akan membantu mengurangi risiko
terkena stroke.
16. Kalimat fakta pada paragraf tersebut adalah
kalimat nomor ...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
17. Simpulan paragraf tersebut adalah ...
A.
Tidak
sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan
sayuran.
B.
Mengonsumsi
makanan kaya potasium dapat mengurangi risiko terkena stroke.
C.
Menata
pola makan dan aktivitas fisik merupakan cara untuk menurunkan berat badan.
D.
Wanita
yang mengonsumsi potasium memiliki risiko gangguan ginjal sepuluh oersen lebih
rendah.
E.
Mengonsumsi
potasium berlebihan tidak baik, terutama bagi orang lanjut usia dan penderita
gangguan ginjal.
18. Cermati
penggalan biografi berikut!
Kepiawaian
Idris Sardi dibentuk sejak kecil. Saat berusia enam tahun sudah menggesek biola
dan minta diajari. Sang ayah masih kurang mengacuhkannya. Namun, dia terus gigih
belajar menggesek biola. Pada usia delapan tahun, Idris sudah berkesempatan
belajar menggesek biola pada Nicolai Vorfolomeyeff, seorang musikus dari Ruia
yang kala itu turut memimpin Orkes Radio Jakarta. Idris yang masih kelas III SD
diterima Nicola sebagai mahasiswa luar biasa Akademi Musik Indonesia (AMI)
Yogyakarta.
Sejak
masih bocah cilik dia sudah sangat sibuk. Pagi hari dia harus ke RRI, sebelum
ke sekolah. Siangnya kuliah sebagai mahasiswa luar biasa AMI. Sorehnya ke RRI
lagi. Si bocah kecil, nan ajaib itu kian lincah bermain biola, laksana Mozart
dalam komposisi. Ketika usianya sepuluh tahun, pada 1949, Idris pertama kali
berkesempatan ikut dalam konser AMI, di Gedung Negara, Wakil Presiden Republik
Indonesia (1972-1978) Yogyakarta. Dia menjadi rebutan penonton yang antre
meyalami sesuai pergelaran. Sang ayah baru sadar atas bakat dan keahlian
anaknya yang luar biasa, bahkan akan melebihinya. Sadar akan hal itu, Sang ayah
makin mendorong dan mendukungnya.
Idris
tumbuh menjadi seorang musisi berbakat dan hebat. Dia sukses sebagai ilustrator
dan penata musik film. Dia pun meraih beberapa penghargaan komponis dan
ilustrator musik untuk film. Idris Sardi mempunyai seorang murid yang telah
sukses menjadi violis juga, yaitu Fayza Maylaffayza Wiguna. Menurut Fayza,
gesekan Idris mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti.
Keteladanan tokoh Idris Sardi pada penggalan
biografi tersebut adalah ...
A.
Menggunakan
kesempatan belajar denga baik sebagai pengalaman hidupnya.
B.
Menjadi
penyair radio RRI Yogyakarta dijalaninnya sejak masih kelas III SD.
C.
Bakat
dan keahlian bermain biola menjadikannya meraih beberapa penghargaan di bidang
musik.
D.
Kegigihannya
dalam belajar membuat ia hidup sukses dan menjadi manusia luar biasa.
E.
Gesekan
biola Idris Sardi mengandung kekuatan irama yang sukar oleh murid-murid.
19. Cermati
kutipan berikut!
“Las,
mereka tahu apa dan siapa kamu sebenarnya. Tapi aku tidak tahu mengapa mereka
lebih suka cerita palsu, barangkali untuk menyakiti aku dan kamu. Sudahlah Las,
biarkan mereka. Kita sebaiknya nrima
saja. Kata orang, nrima ngalah luhur
wekasane.”
(Bekisar Merah, Ahmad Tohari)
Pendeskripsian watak tokoh aku yang pasrah dalam kutipan novel tersebuat diungkapkan melalui
...
A.
Uraian
langsung pengarang
B.
Ciri
fisik tokoh
C.
Lingkungan
disekitar tokoh
D.
Perbuatan
tokoh
E.
Ucapan
tokoh
20. Cermati
kutipan berikut!
(1)
Mereka, Wartini dan Syamsu, sering bermain musik bersama-sama. (2) Wartini
bermain piano dan Syamsu biola. (3) Sejak kedatangan Syamsullah, Wartini mulai
bermain piano kembali. (4) Sekali, malam-malam, Wartini dan Syamsu memainkan
lagu Ave Maria, karangan Gounod. (5)
Aku waktu itu sedang sakit kepala sedikit dan tidur saja dalam kamarku.
Latar waktu pada paragraf tersebut terdapat dalam
kalimat nomor ...
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(4)
dan (5)
21. Cermati
paragraf berikut!
(1)
Pencegahan kecelakaan berlalu lintas harus dilakukan oleh pengendara. (2) Siapa
pun tidak pernah tahu dan tidak pernah ada yang mau celaka. (3) Salah satu cara
pencegahan itu yaitu selalu berdisiplin berlalu lintas. (4) Berdisiplin berarti
selalu waspada terhadap hal-hal yang membahayakan pengendara. (5) Contoh
perilaku disiplin yaitu menggunakan atribut pengendara secara benar, mengatur
kecepatan laju kendaraan, dan mematuhi peraturan lalu lintas.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
22. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
Kalimat
utama: Di layar televisi muncul bakat-bakat muda yang melahirkan karya yang
sangat berkualitas.
Kalimat
penjelas:
(1)Seluruh
genre yang ditayangkan harus digarap dengan serius agar berimbang dan memenuhi
selera penonton.
(2)Karya mereka banyak yang
ditayangkan di sejumlah stasiun televisi.
(3)Sutradara
Lasja F. Susanto (43) yakin penonton Indonesia mampu mengapresiasi beragam tema
film.
(4)Karya tersebut antara lain, Bab yang Hilang, Jalan Petang, dan Mereka Kini.
(5)Film dokumenter sejarah Bab Yang Hilang terbukti diminati
penonton.
Kalimat penjelas yang sesuai dengan kalimat utama
tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A.
(1),
(2), dan (4)
B.
(1),
(3), dan (4)
C.
(2),
(3), dan (5)
D.
(2),
(4), dan (5)
E.
(3),
(4), dan (5)
Grafik
berikut untuk menjawab soal nomor 23 dan 24.
Bacalah
dengan cermat!
23. Pernyataan yang sesuai dengan
isi grafik tersebut adalah ...
A.
Subsidi BBM di Indonesia mengalami
peningkatan sebelum tahun 2005.
B.
Tahun 2008 subsidi BBM meningkat dari
tahun sebelumnya.
C.
Jumlah subsidi BBM yang paling
rendah diberikan pada tahun 2009.
D.
Subsidi BBM tahun 2010 lebih tinggi
dari tahun 2011.
E.
Dari tahun 2009 sampai tahun 2013
subsidi BBM selalu meningkat.
24. Simpulan isi grafik yang sesuai
adalah ...
A.
Jumlah subsidi BBM di Indonesia
dalam rentang waktu 2005-2013 pada umumnya menurun.
B.
Jumlah subsidi BBM di Indonesia
dalam rentang waktu 2005-2013 menunjukan angka yang tidak stabil.
C.
Dalam kurun waktu 2005-2013 terjadi
dua kali penurunan jumlah subsidi BBM di Indonesia.
D.
Jumlah subsidi BBM di Indonesia
dalam rentang waktu 2005-2013 tidak pernah mengalami penurunan.
E.
Jumlah subsidi BBM di Indonesia
dalam rentang waktu 2005-2013 setiap tahun mengalami peningkatan.
25. Cermati kutipan cerpen tersebut!
“Saya tidak mengerti sekali-kali
bagaimana pikiran Saleh, maka ia meminta berhenti dengan tiada berbicara lagi
dengan familinya. Anak-anak muda sekarang sangat memudahkan segala sesuatu.
Seratus dua puluh tahun dengan pendapatan sebesar itu. Tetapi itu dibuangnya
saja dengan ucapan yang bukan-bukan: hendak bekerja sebagai manusia bebas;
hendak mencari pekerjaan yang sesuai dengan kata hatinya; pekerjaan kantor yang
tenang itu dikatakannya pekerjaan mesin yang mematikan semangat ...”
“... percaya saja, bahwa ia tidak
senang pekerjaan tentang dalam kantor, mengisi daftar ini, menyalin surat anu,
mengatuk-ngatuk menanti pukul dua”.
(Layar terkembang, Sutan Takdir Alisyahbana)
Kalimat
esai yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah ...
A.
Penggambaran pemberontakan prinsip
seorang anak terhadap orang tuanya dalam cerpen tersebut, terasa sangat sesuai
dengan apa yang ditemukan dalam kehidupan nyata.
B.
Cerita yang ini sangat sulit dicerna
oleh pembaca oleh generasi zaman sekarang karena cerita yang diungkapkan berupa
suatu fakta yang dibuat-buat atau di luar logika.
C.
Dalam cerita ini pengarang
menggunakan bahasa yang sulit dipahami sekalipun dia sudah mencoba memaparkan
suasana dalam cerita secara detail.
D.
Bila dicermati dengan baik isi
cerita tersebut, tampak kekurang jelasan alur cerita sehingga tidak tergambar
konflik yang dialami tokoh.
E.
Diksi yang digunakan dalam cerita
banyak dipengaruhi oleh beberapa kata bahasa daerah si pengarang, misalnya
penggunaan kata sekali-kali, tiada, dan,
hendak.
26. Cermati kutipan novel berikut!
“Sembilan orang ... baru sembilan
orang Pamanda guru, masih kurang satu
...,” katanya gusar pada bapak kepala sekolah. (LP:20)
Ibunda
guru, mesti tahu bahwa anak-anak kuli ini kelakuannya kasar (LP:71)
“Gambar TV itu bisa
dipantul-pantulkan melalui kaca, Ayahanda
Guru,” kata Mahar berbinar-binar dengan ekspresi lugu. (LP:153)
“Silakan Ananda perkenalkan nama dan alamat rumah ...” pnta Bu Mus lembut
pada anak Hokian itu.
(Laskar Pelangi, Andrea
Hirata)
Kalimat
kritik yang tepat untuk kutipan karya sastra tersebut adalah ...
A.
Penggunaan kata sapaan terasa
‘menggelitik’ karena diucapkan lengkap dan baku dalam percakapan sehari-hari.
B.
Penggunaan sapaan dalam bahasa
daerah yang tidak biasa digunakan boleh digunakan dalam karya sastra.
C.
Kata sapaan yang digunakan pada
novel tersebut, sudah biasa dijumpai dalam karya sastra.
D.
Kata sapaan tersebut biasa digunakan
dalam keseharian oleh masyarakat Belitung baik dalan situasi resmi maupun tidak
resmi.
E.
Apakah benar seorang anak masih usia
SD menggunakan sapaan sesantun itu kepada gurunya.
27. Cermati penjelasan berikut!
Buku Lidah Sembilu yang ditulis oleh Damhuri Muhammad berisi enam belas
cerita pendek. Isi cerita berasal dari cerita kaba (cerita rakyat sehari-hari
di daerah Minangkabau), antara lain “Karnaval Pusar”, “Lidah Sembilu”, dan
“Perempuan Berkerudung Api”. Cerita berkisah pada kepercayaan terdahap
guna-guna, mistik, dan akhir cerita berupa akibat dari apa yang dilakuakan oleh
tokoh.
Kalimat
resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data adalah ...
A.
Cerita-cerita yang dibuat oleh
Damhuri Muhammad adalah cerita yang sudah sangat lazim dan bermanfaat bagi
pembaca.
B.
Cerita-cerita yang dibuat oleh
Damhuri Muhammad tidak dapat digolongkan ke dalam sebuah kumpulan cerpen.
C.
Damhuri Muhammad adalah seorang
penulis yang tergolong masih muda pengalaman sebagai penulis cerpen di dunia
sastra.
D.
Kumpulan cerpen Damhuri Muhammad
yang berjudul Lidah Sembilu hanya
dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal yang dibumbui
mistik.
E.
Dapat dikatakan bahwa seorang
penulis cerpen seperti Damhuri Muhammad masih memerlukan penegesahan dalam
penciptaan karya sastra.
28. Cermati kutipan teks drama berikut!
Anak : “Sudahlah, Bu. Sudah larut, Ibu tidur
saja.”
Ibu : “Aku belum mengantuk, Tin.”
Anak : “Kepala Ibu sudah berkali-kali terbentur
ke meja. Itu tandanya Ibu mengantuk.”
Ibu : “Jangan memaksa Ibu untuk tidur, Tin.”
Anak : “...”
Ibu :
“Walaupun sudah larut malam, Ayahmu pasti pulang, Tin. Jika Ayah tidak pulang, pasti
dari tadi memberi tahu Ibu.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
teks drama tersebut adalah ...
A.
Ibu nanti jatuh sakit. Tidurlah.
B.
Masih perlukah Ibu menunggu
kepulangan Ayah?
C.
Tidak biasanya Ibu berjaga sampai
selarut ini.
D.
Mari, Ibu saya pijiti supaya tidak
ngantuk.
E.
Ibu harus menjaga kesehatan Ibu
supaya tidak jatuh sakit.
29. Cermati teks pidato berikut!
Hadirin
yang berbahagia,
Bencana alam terjadi dimana-mana
sehingga sangat merugikan bagi manusia dan alam sekitarnya. Kita kehilangan
harta benda ataupun orang-orang yang kita sayangi. Mengapa bencana alam
terjadi? Apakah karena ulah manusia sendiri yang mulai kurang peduli dengan
lingkungan? Hutan digunduli tanpa perhitungan, pohon-pohon dijarah oleh manusia
serakah, sampah dibuang di saluran-saluran air. Pembangunan dilakukan tanpa
memperhatikan lingkungan. Kita tidak ingin bencana alam terjadi lagi ...
Kalimat
imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...
A.
Marilah kita jaga linglungan kita
dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita.
B.
Jangan mengulang sikap-sikap yang
tidak terpuji karena kita tidak ingin bencana terulang lagi.
C.
Sebaiknya kita bersatu pada menjaga
dan melestarikan kekayaan bangsa dan tanah air kita.
D.
Lingkungan harus dijaga dengan baik
sehingga akan memberikan manfaat kepada kita.
E.
Manusia dapat bersikap bijaksana
dalam mengolah lingkungan dan berpartisipasi terhadap lingkungan sekitar kita.
30. Cermati bait puisi berikut!
Aku
memandangi dirimu
Melahap
langit dengan mataku
Menyentuhkan
air mata di hatimu
Mencari
surga tempat di mana aku mendengar gumam
Kerinduan
yang ...
Evi Idawati
Untaian
kata berima yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah ...
A.
Mengait hati
B.
Mengasah tatapan
C.
Merajam batu
D.
Meleburkan malam
E.
Membebas diri
31. Baca cermat kutipan berikut!
Lurus jalan ke Payahkumbuh
Kayu jati bertimbal jalan
...
Jika diri hilang harapan
Larik yang
paling tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A.
Bagaimana hati takkan rusuh
B.
Bagaimana tidak akan sedih
C.
Hati ini akan selalu gunda
D.
Hati ini akan selalu sedih
E.
Bagaimana tidak akan susah
32. Cermati topik berikut!
Topik:
Penggunaan pupuk urea menyebabkan kesuburan tanah menurun.
Rumusan
masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.
Sejak kapan petani lebih menyukai
penggunaan pupuk urea?
B.
Adakah cara lain agar tanah dapat
ditanami?
C.
Mengapa penggunaan pupuk urea
menurunkan kesuburan tanah?
D.
Apa yang menyebabkan penggunaan
pupuk urea meningkat?
E.
Apa yang dapat kita lakukan untuk
menyuburkan tanah?
33. Cermati topik berikut!
Topik
karya tulis: manfaat makan sayur bagi kesehatan anak-anak
Kalimat
latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.
Banyak anak-anak yang tidak suka
makan sayur walaupun dimasak bervariasi.
B.
Sayur dalam makanan anak sangat
penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak.
C.
Banyak ibu yang kesulitan menyuruh
anak untuk makan sayur setiap hari.
D.
Sangat sulit menyuruh anak makan
sayur setiap hari karena tidak enak dan membosankan.
E.
Banyak ibu yang belum memperhatikan
manfaat makan sayur bagi kesehatan anak.
34. Cermatilah kalimat topik karya ilmiah
berikut!
Judul: Ibu Guru mengoreksi karya tulis Satrio yang berjudul “pembudidayaan
tanaman anggrek di lingkungan rumah”.
Penulisan judul karya tulis ilmiah
tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ...
A.
Pembudidayaan tanaman anggrek di
lingkungan rumah
B.
Pembudidayaan tanaman anggrek di
Lingkungan Rumah
C.
Pembudi dayaan Tanaman Anggrek Di
lingkungan Rumah
D.
Pembudi Dayaan Tanaman Anggrek di
Lingkungan Rumah
E.
Pembudidayaan TanamanAanggrek di
Lingkungan Rumah
35. Perhatikan kalimat berikut!
Berdasarkan iklan di harian Berita, 25 Juli 2011, dengan ini saya
sangat ingin melamar pekerjaan sebagai manager perusahaan pada perusahaan yang
Bapak/Ibu pimpin.
Perbaikan kalimat
pembuka surat lamaran tersebut adalah ...
A.
Mengganti sangat ingin menjadi berniat
B.
Mengganti berdasarkan menjadi berkaitan
dengan
C.
Mengganti sangat ingin menjadi berencana
D.
Mengganti sangat ingin melamar menjadi mengajukan
lamaran
E.
Mengganti berdasarkan menjadi sehubungan
dengan
36. Cermati ilustrasi berikut ini!
Rudi adalah seorang Sarjana Teknik
Bangunan UGM. Ia menyelesaikan kuliahnya tahun 2010 dengan IP 3,8. Rudi lahir
di Wamena, 25 April 1987, memiliki kemampuan merancang bangunan tahan gempa
yang telah teruji. Ia juga mampu mengoprasikan komputer dalam berbagai program.
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri yang sesuai
dengan ilustrasi adalah ...
A.
Kami, Rudi, seorang Sarjana Teknik
Bangunan UGM yang memiliki pengalaman pemasaran perumahan ingin melamar
pekerjaan diperusahaan Bapak.
B.
Saya, Rudi, Sarjana Teknik Bangunan
tamatan Universitas Gajah Mada, memiliki kemampuan merancang bangunan tahan
gempa, mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak.
C.
Rudi adalah seorang yang memiliki
kemampuan membangun rumah tahan gempa dan bermaksud melamar pekerjaan di tempat
Bapak.
D.
Saya merancang bangunan tahan gempa
yang sangat dibutuhkan dewasa ini, sehingga saya ingin melamar pekerjaan karena
IP saya 3,8.
E.
Saya tertarik dengan bangunan-bangunan
tahan gempa sehingga berhasil memperoleh gelar Sarjanah Teknik Bangunan dari
UGM, dan bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan Bapak.
37. Cermati paragraf berikut!
Saat ini globalisasi sedang memapar
ke seluruh wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Proses ini sedikit banyak
membawa pengaruh positif. Salah satunya adalah memperkaya kreatif dan menciptakan ruang belajar lebih luas bagi generasi
penerus bangsa. Dengan demikian, mereka memiliki bekal komputer untuk mampu menghadapi masa depan dengan baik. Orang tua
juga harus memberikan stimulasi sejak
dini guna mendukung perkembangan intelektualnya.
Perbaikan
istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ...
A.
Kreasi, kompetitif, simulator
B.
Kreatifitas, kompetensi, stimulator
C.
Kreativitas, kompetisi, stimulus
D.
Kreasi, kompetitif, stimulan
E.
Kreative, kompeten, stimulus
38. Cermati paragraf berikut!
Mencegah urbanisasi merupakan
persoalan pelik ... untuk jangka panjang kita harus berani mengubah kebijakan
pembangunan kita. Sangatlah perlu mengurangi kesenjangan keseimbangan kota ...
desa.
Kata
penghubung untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Tetapi, atau
B.
Sehingga, dan
C.
Karena, bahkan
D.
Agar, dan
E.
Juga, serta
39. Cermati teks berikut!
Semenjak
manusia menghuni planet bumi, mereka sudah sering menghadapi masalah kesehatan.
Penyebab utamanya adalah faktor lingkungan mereka ... Namun, karena ilmu
pengetahuan mereka ..., setiap kejadian yang luar biasa dalam kehidupannya
sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat mistik. Contohnya, waba penyakit
yang melanda sebuah tempat dianggap sebagai kutukan ... dari dewa.
Frasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Sangat kotor, sangat kurang, amat berat
B.
Cukup kotor, terlalu kurang, agak
berat
C.
Paling kotor, angat kurang, paling
berat
D.
Agak kotor, agak kurang, agak berat
E.
Agak kotor, kurang sekali, lebih
berat
40.
Cermati paragraf deskripsi berikut!
Mataya
begitu indah. Hidungnya mancung. Kulitnya lembut dang hangat. Seluruh
penampilan wajahnya membangun sebuah air muka yang bagi sebagian orang, entah
mengapa, cantik sekali. Ia dianggap
memesona. Selain tebal, rambutnya juga ikal bergelombang, turun sampai
menutupi leher.
Kalimat
yang tepat untuk menggantikan kalimat yang bercetak
miring adalah ...
A.
Rambutnya hitam, berkilau, dan
tebal.
B.
Kecantikannya memesona siapa pun
memandang.
C.
Rambut bagi wanita merupakan
mahkota.
D.
Kecantikannya ditunjang oleh
keindahan rambutnya.
E.
Perpaduan rambut dan wajah sangat
serasi.
41.
Cermati paragraf berikut!
Noni tidak
disukai teman-temannya, Apa yang dikerjakan oleh teman-temannya selalu
dicelanya. Ada saja kekurangannya. Padahal, dirinya sendiri jika mengerjakan
sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi, ia tidak pernah merasa
diriya kurang. Ketua kelas pernah menegur Noni dengan peribahasa “...”.
Walaupun begitu Noni tetap tidak merasa bersalah.
Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ...
A.
Kuman di seberang lautan tampak,
gajah di pelupuk mata tak tampak.
B.
Dalam laut dapat diduga, dalam hati
tiada yang tahu.
C.
Berjalan peliharakan kaki, berbicara
peliaharakan mulut.
D.
Kilat mutiara tak hilang dalam
lumpur, tak pudar dalam pakaian.
E.
Tak layu jenjang dikeping, tak emas
bungkul diasah.
42.
Cermati teks berikut!
Akhir-akhir
ini grup band asal Korea sedang digandrungi oleh para remaja di dunia. Grup
band tersebut juga melanggar konser di Jakartauntuk mempromosikan album
terakhirnya. Remaja di Jakarta menyambutnya dengan penuh antusias karena grup
band ini memang sedang ... Banyak remaja yang menonton konsernya terpukau oleh
penampilan mereka. Mereka memberikan apresiasi yang luar biasa sehingga album
mereka terjual laris di pasaran.
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Jatuh hati
B.
Jantung hati
C.
Naik daun
D.
Anak emas
E.
Buah bibir
43.
Cermati paragraf berikut!
Mutasi ...
akan berlangsung akhir Oktober atau awal November mendatang. Sejumlah Kepala
Pimpinan Daerah (SKPD), para camat, lurah, dan kepala sekolah akan mengisi pos
baru. Mereka mulai sibuk ... menduduki jabatan baru.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Besar-besar, menyiap-nyiapkan
B.
Membesar-besarkan, siap-siap
C.
Besar-besaran, bersiap-siap
D.
Besar-besarkan, disiap-siap
E.
Dibesar-besarkan, siap-siapkan
44.
Cermati teks berikut!
Kita sudah
tidak asing lagi mendengar para pemain sepak bola mancanegara mendapat gaji
sangat tinggi. Bahkan, akhir-akhir ini terdengar berita yang sangat ... dunia
olahraga bahwa ada seorang pemain musim panas yang pindah tim dengan harga
transfer hampir satu triliun. Pemain sepak bola tersebut sangat bangga dengan
... ke salah satu klub besar tersebut. Hal itu membuat dia bermain lebih baik
lagi untuk ... potensinya dalam memainkan si kulit bundar.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Dikejutkan, berpindah, berkembang
B.
Dikejutkan, berpindahnya,
berkembangnya
C.
Mengejutkan, kepindahannya,
mengembangkan
D.
Mengejutkan, dipindahkannya,
dikembangkan
E.
Terkejut,dipindahkan, perkembangan
45.
Cermatilah paragraf berikut!
Setiap hari
minggu sudah menjadi ... Ibu untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga
di toko. Untuk setiap barang yang dibelinya, tidak lupa Ibu meminta ... sebagai
bukti pembayaran. Ada juga yang berupa ...
Kata
serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Scedule, kwitansi, strook
B.
Jadwal, seteruk, kwitansi
C.
Jadual, bon, strok
D.
Jadwal, kuitansi, setruk
E.
Skedul, bon, kwitansi
46.
Cermati paragraf berikut!
Ekosistem
di sejumlah kawasan wisata Taman Laut Nasional Bunaken (TLNB) di Manado,
Sulawesi Utara, keimdahannya sudah kesohor di jagad raya. Saat ini tempat itu
terancam rusak. Pasalnya, sampah yang semakin hari semakin numpuk dari sejumlah muara sungai yang sengaja dibuang oleh orang
yang tidak bertanggung jawab di kota Manado, mengalir ke Teluk Manado.
Akibatnya, karang laut yang indah bersama pemandang di dalam laut yang tidak
kalah menakjubkan itu dikuatirkan
akan punah. Tidak cuma itu, objek
wisata ini akan sepi dari pengunjung.
Perbaikan
kata bercetak miring (tidak baku) dalam paragraf tersebut adalah ...
A.
Bertumpuk, dikuatirkan, cuman
B.
Ditumpuk, khawatir, hanya
C.
Menumpuk, dikhawatirkan, hanya
D.
Bertumpuk, khawatir, cuman
E.
Ditumpuk, kawatir, hanya
47.
Bacalah paragraf naratif berikut!
Begitulah
ibu menggerutu setiap melihat aku mencoret-coret kertas. Aku tak kesal, tidak
sekali pun. Bahkan terkadang ibu mengingatkan aku ketika aku sedang menghadapi
piring nasi. Padahal, ayah pernah berkata, jangan menasehati anak ketika ia
sedang makan ...
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Aku hanya diam mendengar omongan
ibu.
B.
Akan tetapi, ibu tetap menasihatiku.
C.
Namun, ibu suka menasihatiku.
D.
Itu kulakukan untuk membahagiakan
ibu.
E.
Ibu tidak mengerti apa yang ada
dalam pikiranku.
48.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Yang
berdiri paling depan dalam deretan itu, yang berpengang pada kawat rajang
loket, yang tampak seperti karung kosong dijemur di jemuran kain, adalah
seorang lelaki berperawakan kurus. Pakaiannya lusuh, kotor, dan robek-robek.
Bau yang tidak sedap dari keringat tubuhnya pun menyengat. ...
Kalimat
yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah ...
A.
Orang yang antre di belakangnya
menutup hidung dengan sapu tangan rapat-rapat, tidak dihiraukannya.
B.
Udara makin panas, mereka terlihat
gelisah, dari raut mukanya tampak lelah sekali setelah seharian bekerja.
C.
Satu per satu menuju ke depan loket
dan menyodorkan sesuatu, lalu pulang meninggalkan tempat.
D.
Mereka terlihat pula memegang
sesuatu di tangan kiri masing-masing dan memegangnya erat-erat.
E.
Sebentar-sebentar orang-orang
melepaskan pegangannya di kawat rajang pos yang tajam dan runcing.
49.
Cermatilah kalimat berikut!
(1) Membuat ringkasan melibatkan kerja analisis dan kerja
sintesis.
(2) Analisis dan sintesis itu saling berhubungan.
(3) Artinya, dari unsur-unsur kecil dulu, kemudian dirangkai
menjadi kalimat dan paragraf.
(4) Setelah menganalisis, orang akan membuat sintesis.
(5)
Jadi, untuk meringkas bacaan, kita harus menafsirkan isinya, menguraikan
unsur-unsurnya, memisahkan pikiran-pikiran utamanya dan penjelasannya, kemudian
menyusun ringkasan dalam beberapa paragraf.
Urutan
kalimat tersebut agar menjadi peragraf eksposisi yang padu adalah ...
A.
(1), (2), (4), (3), dan (5)
B.
(2), (3), (4), (5), dan (1)
C.
(3), (1), (2), (4), dan (5)
D.
(4), (5), (1), (2), dan (3)
E.
(5), (1), (2), (3), dan (4)
50. Cermati paragraf tersebut!
Dalam pelaksanaan kegiatan Kemah
Budaya Nasional, peserta dibekali materi kebudayaan yang sangat kental. Mereka berlalu-lalang dengan wajah gembira
di sekitarperkemahan. Hal itu dijadikan sebagai bahan penyusunan pedoman
pengenalan dan pengajaran masalah budaya.
Kalimat
yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang bercetak miring dalam paragraf
tersebut adalah ...
A.
Mereka memperoleh pendidikan
kebudayaan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
B.
Mereka diajak untuk mengamati
perilaku budaya masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.
C.
Mereka dapat memaknai Pancasila dan
Bhineka Tunggal Ika sebagai pola berpikir positif.
D.
Mereka diajak untuk peka dalam
memahami permasalahan budaya di masyarakat.
E.
Mereka menjalin komunikasi yang baik
di antara sesama penganut budaya nasional.
PEMBAHASAN DAN JAWABAN UJIAN NASIOANAL
BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
1.
Kalimat tanya (introgatif) adalah
kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau seseorang. Jawaban dari kalimat
tanya yang sesuai dengan isi paragraf adalah Kita tidak lagi mempunyai
kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri sendiri.
Jawaban: E
2.
Tujuan penulis menyampaikan
informasi tersebut kepada pembaca adalah Menjelaskan sulitnya berkomunikasi dengan
orang-orang di sekitar kita karena kesibukan.
Jawaban: E
3.
Cerpen adalah karya sastra yang berbentuk
prosa yang isinya merupakan kisahan pendek yang mengandung kesan tunggal,
karena masalah dalam cerpen sangat dibatasi.
Cerpen
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.
Ceritanya pendek, singkat, dan
padat,
b.
Habis dibaca sekali duduk,
c.
Jumlah katanya kurang dari 10.000
kata
d.
Beralur tunggal
e.
Tidak menimbulkan perubahan nasib
tokoh
f.
Penokohannya sangat sederhana,
singkat, dan tidak mendalam.
Keterkaitan
peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari adalah Anak muda yang mudah emosional.
Jawaban: B
4.
Jawaban dari kalimat tanya yang
sesuai dengan isi paragraf tersebut adalahSalman emosi karena merasa tersaingi oleh
Anjas.
Jawaban: C
5.
Gurindam adalah puisi lama yang
terdiri atas dua baris dalam satu bait. Kalimat baris pertama menyatakan
perbuatan dan kalimat baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan
tersebut.
Maksud
isi gurindam tersebut adalah Orang yang ingat akan mati, ia akan selalu
berbuat baik.
Jawaban: B
6.
Puisi adalah ragam sastra yang
terkait oleh larik dan bait. Makna lambang kata senja dalam puisi tersebut
adalah usia tua.
Jawaban: B
7.
Puisi dapat dibuat berdasarkan
pengalaman pribadi. Pengalaman orang lain, ataupun berdasarkan gambar. Suasana
yang tergambar dalam puisi tersebut adalah bimbang.
Jawaban: C
8.
Penokohan yaitu penggambaran watak
dan sifat-sifat tokoh.
Hal
positif yang terdapat pada tokoh Sastri tersebut adalah Mempertahankan pendapat dengan
logis dan sopan.
Jawaban: A
9.
Simpulan adalah sesuatu yang
disimpulkan berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan berisi pernyataan yang
lebih umum dari pernyataan lain dalam paragraf.
Simpulan
isi cerita dalam kutipan tersebut adalah Sastri marah kepada Harold Dicknes karena
Harold memaksakan kehendaknya menyuruh Sastri menulis naskah drama dengan Rafles
sebagi tokoh utama yang baik.
Jawaban: D
10. Opini adalah pendapat atau pandangan seseorang terhadap
suatu masalah yang sedang berkembang. Opini penulis yang terungkap dalam
kutipan tajuk rencana tersebut adalah Maskapai penerbangan harus memiliki standar
keselamatan dan tidak noleh terjebak dalam perang tarif.
Jawaban: A
11. Tajuk rencana merupakan tulisan dalam sebuah surat kabar
atau media massa yang berisi pendapat atau pandangan dari dewan redaksi
terhadap suatu permasalahan aktual. Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk
rencana tersebut adalah kepada Pengguna jasa penerbangan.
Jawaban: C
12. Ide pokok adalah ide yang mendasari sebuah paragraf. Ide
pokok paragraf tersebut adalah Peningkatan peran peremouan dan laki-laki.
Jawaban: B
13. Makna kata berartu suatu kata atau isi suatu pembicaraan
atau pikiran. Makna kretif dalam paragraf tersebut adalah memiliki daya cipta.
Jawaban: C
14. Hikayat merupakan karya sastra Melayu Klasik berbentuk prosa
yang berisi cerita.
Kemustahilan
dalam kutipan hikayat tersebut adalah Sekawanan burung tekukur menerbangkan jaring
yang berisi teman-temannya yang terjerat.
Jawaban: A
15. Nilai-nilai yang terdapat dalam karya Sastra Melayu Klasik
dapat berupa nilai budaya, moral, nilai sosial dan agama. Nilai sosial yang
tampak pada kutipan tersebut adalah menolong sesama dari kesulitan atau bahaya.
Jawaban: C
16. Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar
dan bisa dibuktikan. Kalimat fakta terdapat pada nomor (4) Hal itu diungkapkan para
peneliti yang telah meriset 90.000 wanita dari usia 50 hingga 79 tahun selama
11 tahun.
Jawaban: D
17. Simpulan paragraf tersebut adalah Dengan demikian, mengonsumsi
makanan kaya potasium akan membantu mengurangi risiko terkena stroke.
Jawaban: B
18. Biografi adalah tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang.
Biografi mengandung nilai pendidikan atau moral bagi pembacanya. Keteladanan
tokoh Idris Sardi pada penggalan biografi tersebut adalah Kegigihannya dalam belajar
membuat ia hidup sukses dan menjadi manusia luar biasa.
Jawaban: D
19. Novel adalah karya sastra yang menceritakan kehidupan
seorang tokoh secara lengkap dengan menonjolkan watak dan perilaku
tokoh-tokohnya.
Cara
pengarang menggambarkan watak tokoh melalui:
a.
Penjelasan langsung dari pengarang
b.
Dialog antartokoh
c.
Tanggapan tokoh lain terhadap tokoh
utama
d.
Pikiran dalam hati tokoh
e.
Lingkungan di sekitar tokoh atau
penampilan tokoh
f.
Bentuk fisik tokoh
g.
Tingkah laku tokoh, tindakan tokoh,
atau reaksi tokoh terhadap suatu masalah.
Pendeskripsian
watak tokoh aku yang pasrah dalam kutipan novel tersebut diungkapkan melalui ucapan
tokoh.
Jawaban: E
20. Latar/setting, yaitu keadaan mengenai waktu, tempat, dan
suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen/ novel.
Latar
waktu pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor (4) Sekali, malam-malam. Wartini
dan Syamsu memainkan lagu Ave Maria, karangan Gounod dan momor (5) Aku waktu
itu sedang sakit kepala sedikit dan tidur saja dalam kamarku.
Jawaban: E
21. Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok.
Kalimat utama dapat diidentifikasi oleh penggunaan kata pokoknya..., pada
dasarnya..., dengan demikian..., jadi..., dan intinya...
Kalimat
utama paragraf tersebut adalah nomor (1) Pencegahan kecelakaan berlalu lintas
harus dilakukan oleh pengendara.
Jawaban: A
22. Kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut kalimat
penjelas. Kalimat penjelas yang sesuai dengan kalimat utama tersebut terdapat
pada kalimat nomor (2) Karya mereka
banyak yang ditayangkan di sejumlah stasiun televisi, (4) Karya tersebut antara
lain, Bab yang Hilang, Jalan Petang, dan
Mereka Kini, dan (5) Film dokumenter sejarah Bab yang Hilang terbukti
diminati penonton.
Jawaban: D
23. Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang
dilukiskan dengan garis atau gambar. Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik
terseut adalah Tahun 2008 subsidi BBM meningkat dari tahun sebelumnya.
Jawaban: B
24. Simpulan isi grafik tersebut yang sesuai adalah Jumlah
subsidi BBM di Indonesia rentang waktu
2005-2013 menunjukkan angka yang tidak stabil.
Jawaban: B
25. Esai merupakan karangan yang berisi uraian popular dan
santai. Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah Diksi
yang digunakan dalam cerita banyak dipengaruhi oleh beberapa kata bahasa daerah
si pengarang, misalnya penggunaan kata sekali-kali, tiada, dan hendak.
Jawaban: E
26. Kritik adalah pertimbangan baik atau buruk suatu hasil
karya.
Pada
prinsipnya menuliskan kritik berkaitan dengan tiga aspek, yaitu:
1)
Aspek Historis, yaitu berkaitan
dengan watak dan orientasi kesejarahan.
2)
Aspek Rekreatif, yaitu menghubungkan
apa yang telah diungkapkan sastrawan.
3)
Aspek Penghakiman, yaitu berkaitan
dengan nilai-nilai dan kadar artistiknya.
Kalimat
kritik yang tepat untuk kutipan karya sastra tersebut adalah Penggunaan
kata sapaan terasa “menggelitik” karena diucapkan lengkap dan baku dalam
percakapan sehari-hari.
Jawaban: A
27. Resensi merupakan ulasan buku yang mengungkapkan penilaian
terhadap suatu karya tulis baik fiksi maupun nonfiksi.
Kalimat
resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data tersebut adalah Kumpulan
cerpen Damhuri Muhammad yang berjudul Lidah Sembilu hanya dapat dikategorikan
cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal yang dibumbui mistik.
Jawaban: D
28. Drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk
percakapan atau dialog yang dipertunjukkan oleh tokoh di atas pentas di hadapan
para penonton.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks drama tersebut adalah Masih perlukah Ibu menunggu
kepulangan Ayah?
Jawaban: B
29. Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata
yang ditunjukan kepada orang banyak.
Pidato
merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan. Berdasarkan tujuannya, ada empat
macam pidato, yaitu:
1.
Pidato Persuasif, bersifat mendorong
atau mengajak pendengar untuk menyetujui dan membangkitkan tindakan tertentu
pada pendengarnya.
2.
Pidato Informatif, bersifat
memberitahukan atau menjabarkan agar pendengar memahami informasi.
3.
Pidato Rekreatif, bersifat menghibur
agar pendengar terhibur sehingga muncul suatu kegembiraan.
4.
Pidato Argumentatif, bersifat
meyakinkan agar pendengar mengikuti pendapat yang disampaikan.
Kalimat
imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah Marilah kita jaga lingkungan
dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita.
Jawaban: A
30. Puisi merupakan bentuk ekspresi pemikiran yang membangkitkan
perasaan dan merangsang pancaindra dalam suasana yang berirama dengan
mengkonsentrasikan semua bahasa berdasarkan srtuktur fiksi dan batinnya.
Untaian
kata berima yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah mengait
hati.
Jawaban: A
31. Pantun ada sejak zaman dulu. Pantun merupakan puisi lama
yang biasanya dipakai masyarakat untuk menyampaikan sesuatu.
Perhatikan
ciri-ciri pantun berikut:
1)
Memiliki 4 baris, yaitu 2 baris
berisi sampiran dan 2 baris lagi merupakan isi,
2)
Berpola a-b-a-b,
3)
Setiap baris terdiri antara 8 sampai
9 suku kata,
4)
Setiap baris terdiri atas 4 kata.
Larik
yang paling tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah Bagaimana hati takkan rusuh.
Jawaban: A
32. Rumusan masalah berisi pertanyaan sesuai dengan tema dan
latar belakang. Rumusan masalah yang sesuai topik tersebut adalah Mengapa
penggunaan pupuk urea menurunkan kesuburan tanah?
Jawaban: C
33. Latar belakang masalah memuat alasan-alasan sebuah
penelitian atau karya tulis dengan tema tertentu dibuat dan dilakukan.
Kalimat
latar belakang yang sesuai dengan topik karya tulis tersebut adalah Sayur
dalam makanan anak sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak.
Jawaban: B
34. Penulisan judul karya tulis yang benar yaitu huruf kapital
dipakai sebagai huruf pertama pada semua kata, kecuali kata seperti di, ke,
dari, dan, yang, untuk yang tidak terletak pada posisi awal kalimat. Penulisan
judul karya tulis ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD adalah Pembudidayaan
Tanaman Anggrek di Lingkungan Rumah.
Jawaban: E
35. Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan
memperoleh jabatan atau kedudukan yang ditawarkan oleh suatu instansi atau
perusahaan baik berdasarkan iklan atau pegumuman.
Perbaikan
kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah mengganti sangat ingin melamar
menjadi mengajukan lamaran.
Jawaban: D
36. Pada prinsipnya surat lamaran mengungkap penawaran
pengetahuan, keterampilan keahlian, atau pengalaman sesuai bidangnya kepada
instansi atau perusahaan.
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah Saya, Rudi, Sarjana Teknik Bangunan tamatan
Universitas Gajah Mada, memiliki kemampuan merancang bangunan tahan gempa,
mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak.
Jawaban: B
37. Istilah adalah kata atau kelompok kata yang pemakainnya
terbatas pada bidang tertentu, misalnya pada bidang ekonomi, bidang politik,
dan sebagainya. Istilah dapat diwakili oleh rumus atau lambang.
Perbaikan
istilah yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah kreativitas,
kompetisi, stimulus.
Jawaban: C
38. Kata penghubung (konjungsi) adalah kata-kata yang digunakan
untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan
kalimat. Kata penghubung untuk melengkapi paragraf tersebut adalah sehingga,
dan.
Jawaban: B
39. Frasa adalah gabungan dua buah kata atau lebih yang tidak
menimbulkan makna baru. Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah sangat kotor, sangat kurang,
amat berat.
Jawaban: A
40. Paragraf deskripsi adalah jenis paragraf yang menggambarkan
suatu hal, baik itu benda, peristiwa, keadaan, ataupun manusia. Dengan paragraf
ini, pembaca dapat seolah-olah menyaksikan atau merasakan hal yang diceritakan
itu.
Kalimat
yang tepat untuk menggantikan kalimat yang bercetak miring adalah Kecantikannya
ditunjang oleh keindahan rambutnya.
Jawaban: D
41. Peribahasa adalah kalimat atau perkataan yang tatep
susunannya dan biasanya mengiaskan maksud tertentu. Peribahasa yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah Kuman di seberang lautan tampak, gajah di
pelupuk mata tak tampak.
Jawaban: A
42. Ungkapan adalah kata atau kelompok kata yang digunakan dalam
makna khusus yang sudah diterima secara konvesional oleh masyarakat pengguna
bahasa. Contoh: buah tangan, buah bibir, cuci mata, kepala batu, dan lain-lain.
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah naik daun.
Jawaban: C
43. Kata ulang adalah kata yang sudah mengalami proses
pengulangan, baik sebagai atau pun seluruhnya dengan disertai perubahan bunyi
atau pun tidak.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah besar-besaran, bersiap-siap.
Jawaban: C
44. Kata berimbuhan adalah kata yang telah mengalami
pengimbuhan. Kata imbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah mengejutkan,
kepindahnnya, mengembangkan.
Jawaban: C
45. Penggunaan kata-kata serapan adalah untuk lebih memperjelas
pikiran yang terkandung di dalam kata-kata itu. Kata serapan yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah jadwal, kuitansi, setruk.
Jawaban: D
46. Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa atau
EYD. Perbaikan kata bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah menumpuk,
dikhawatirkan, hanya.
Jawaban: C
47. Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu
peristiwa atau kejadian. Dengan paragraf ini, pembaca seolah-olah mengalami
kejadian yang diceritakan.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Akan tetapi, ibu tetap
menasihatiku.
Jawaban: B
48. Paragraf deskripsi adalah jenis karangan yang menggambarkan
suatu hal, baik itu benda, peristiwa, keadaan, ataupun manusia secara
terperinci, sehingga pembaca seolah-olah menyaksikan atau merasakan hal yang
diceritakan itu.
Kalimat
yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah Orang
yang antre di belakangnya menutup hidung dengan sapu tangan rapat-rapat, tidak
dihiraukannya.
Jawaban: A
49. Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki kepaduan
antara unsur-unsurnya, baik itu antara gagasan utama dengan gagasan penjelasnya
ataupun antara kalimat-kalimatnya.
Urutan
kalimat tersebut agar menjadi paragraf eksposisi yang padu adalah (1),
(2), (4), (3) dan (5).
Jawaban: A
50. Kata baku merupakan kata yang pengucapan dan penulisannya
mengikuti kaidah dan aturan yang dibakukan, seperti yang ada dalam EYD, tata
bahasa baku, dan kamus. Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang
bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah Mereka diajak untuk mengamati
perilaku budaya masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.
Jawaban: B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar